SELAMAT DATANG DI COPY PASTE. SILAHKAN BOOKMARK BLOG INI DENGAN MENEKAN CTRL+D. ---www.copypaste1989.blogspot.com---

Senin, 14 Februari 2011

Ciri-Ciri Anak-Anak Kecanduan Film Porno

Pakar psikologi anak Elly Risman mengimbau orangtua untuk memantau kegiatan anak-anaknya ketika menggunakan media elektronik, seperti internet, game, DVD, dan sejenisnya. Sebab, di media-media tersebut banyak terkandung materi pornografi.

Jika anak biasa mengonsumi materi pornografi itu, maka lama-lama anak akan kecanduan. Lalu, apa saja sih sebenarnya ciri-ciri anak yang kecanduan pornografi. Berikut adalah ciri-ciri yang disampaikan Elly, Sabtu (13/2/2010) dalam sebuah seminar di Kudus, Jawa Tengah.

Berikut adalah ciri-ciri anak yang kecanduan pornografi:

- mudah haus
- sering buang air kecil
- sering berlama-lama di kamar mandi [tau sendiri lagi ngapain O_O]
- sering berkahayal
- sulit konsentrasi,
- sering bermain video game dan internet dalam waktu yang lama,
- prestasi akademik menurun.


Kenapa anak menjadi sasaran pemasaran pornografi? Menurut elly, itu terjadi karena anak-anak menjadi pasar masa depan, mental model pornografi, perpustakaan porno pada anak yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja.

"Pembuat pornografi juga menginginkan sasarannya mengalami kerusakan otak permanen," katanya. Banyaknya kalangan anak remaja yang kecanduan pornografi, disebabkan karena sejumlah faktor. Salah satunya, karena orang tua tidak memiliki waktu yang cukup untuk anak, kurang tanggap dan gagap teknologi, serta pendidikan agama dan pengontrolannya masih kurang.

Untuk menghindarkan anak remaja kecanduan pornografi, dia menganjurkan, kepada orang tua untuk menghadirkan Allah SWT dalam dirinya. "Anak juga harus dibantu untuk berfiikir kritis, memilih, dan mengambil keputusan," katanya.

Selain itu, orang tua juga harus mengupayakan agar anak tetap memiliki harga diri dan melatih memiliki rasa belas kasihan, demikian Elly Risman.

Langkah-Langkah Pencegahan:
- Beri perhatian lebih pada perkembangan anak.
- Ajarkan cara menggunakan teknologi dengan arif dan bijaksana.
- Tanamkan rasa tanggung jawab pada anak sejak kecil.
- Cari tahu dengan siapa anak anda bergaul.
- Masukkan anak anda dalam kelompok belajar agar dia sibuk dengan aktifitas positif (bimbel, les musik, sekolah bola, dll)
- Temani anak saat bermain internet di rumah.
- Gunakan sistem "Account" pada PC anda, berikan Account khusus anak yg telah dibatasi akses dan konten programnya (contoh: hanya bisa buka game offline, blokir akses internet, dll)
- Inspeksi kamar anak anda secara berkala - meskipun itu melanggar privasi anak, anda berkewajiban mengarahkan anak ke jalan yg benar.

Bagaimana Cara Berhenti?
Niat dan Tekad yang Kuat!

Tanam dalam hati: "Aku harus berhenti! Film porno itu sampah! Aku harus berhenti! Aku tak akan merusak diri sendiri!"

Sibukkan dirimu!

Carilah aktifitas yang seru di luar rumah! Main bola, basket, layangan, gundu, apapun itu yang pasti akan membuat dirimu sibuk. Dengan begitu, kecil kemungkinan kamu akan mikirin hal-hal porno. Alhasil, cepat atau lambat rasa candu itu akan hilang, whooosh, ditiup angin lalu.

Habiskan banyak waktu bersama orang lain

Di masa-masa penyembuhan seperti ini jangan mengurung diri di kamar melulu. Kalau kita menyendiri terus, sangat mungkin kita kembali melihat hal-hal porno. Isi waktu bersama dengan temen-temen kita. Hidup dijamin lebih asyik dan seru! Selain itu kita bisa juga mengisi waktu bersama keluarga. Ini cara praktis yang diyakini bisa membantu kita lepas dari ikatan masturbasi, sebab kita nggak bakal mengkonsumsi hal-hal yang porno pada saat berada di tengah-tengah mereka, kan?

Takut Akan Tuhan 

Memang nggak akan ada orang yang tahu apa yang kita perbuat di tempat yang tersembunyi. Bahkan, orang-orang yang paling dekat dengan kita pun mungkin nggak pernah menyangka kalau sebenarnya kita suka banget ngeliat hal-hal yang porno, ngebayangin hal-hal yang jorok, bahkan punya kebiasaan masturbasi! Tapi kita harus inget kalau Tuhan selalu tahu apa yang kita lakukan. Dia selalu melihat apa yang kita lakukan bahkan pikirkan. Itu sebabnya kita perlu belajar hidup takut akan Tuhan. Gimana kalo kita ngelakuin masturbasi dan dilihat orang lain? Maluuuu dong... Seperti itu juga kita harus berpikir bahwa Tuhan selalu melihat apa yang kita lakukan. Malu ama Tuhan dong, kalo sampai kita ngelakuin masturbasi.

Minta Tolong Pada Orang Lain 

Carilah orang yang benar-benar kamu bisa percayai dan kamu anggap dekat, lalu ceritakanlah masalahmu kepadanya. Ceritakanlah niatmu untuk mengakhiri kebiasaan masturbasi ini. Seandainya ada orang-orang yang bisa mendukung kamu, tentu saja kamu akan lebih mudah mengatasi keterikatanmu itu. Mereka akan selalu mengingatkanmu dan memotivasi kamu bahwa kamu pasti bisa lepas dari kebiasaan buruk itu.

Jangan Merasa Diri Kuat 

Kalau kamu sudah bisa lepas dari kebiasaan nonton film porno. Sebulan, dua bulan, tiga bulan... Jangan merasa diri kuat. Ingatlah bahwa kejatuhan kita di dalam dosa-dosa seksual biasanya karena kita sudah merasa kuat dan merasa nggak bakal jatuh dalam dosa yang sama lagi. Tetaplah bergantung pada Tuhan agar kita tidak kembali pada kebiasaan kita yang lama.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...